samedi 25 octobre 2008

Air One-The Italy’s 1st Privately Owned Airline


Air One lahir dari Aliadriatica, sebuah perusahaan di pescara pada 1983 untuk menyediakan pelatihan penerbangan dan jasa air-taxi, sekaligus mengoprasikan penerbangan regional berjadwal. Lima tahun kemudian, Toto Group S.p.A. menjadi pemegang saham mayoritas perusahaan itu dan kini mendanai semua permodalan yang dibutuhkan .

Group perusahaan itu juga bergerak di bisnis konstruksi dan pekerjaan umum sekaligus memegang konsesi motorway. Pada juni 1994, Aliadriatica membeli sebuah Boeing 737-200 dan memulai pelayanan berjadwal menengah dan penerbangan charter. Ini merupakan langkah awal perusahaan untuk melakukan perubahan radikal yang dimulai 1995.

Tepatnya 27 april 1995, Aliadriatica membuka penerbangan berjadwal antara Milan Linate dan Brindisi, Reggio Calabria dan Lamezia Terme. Pada 23 November 1995, nama baru Air One mulai digunakan menandai langkah penting perusahaan dangan mambuka penerbangan berjadwal antara Rome Fiumicino dan Milan Lante. Itu merupakan penerbangan perdana di rute tersibuk kelima di Eropa tersebut, sehingga menjadi alternatif atas satu-satunya maskapai yang sudah diotorisasi pada saat itu.



Kini, Air One merupakan maskapai swasta terdepan di Italia, yang pda 2007 menguasai 37% pangsa pasar domestik dan dengan 3.400 karyawannya (termaksuk di anak-anak perusahaan )menerbangi 21 rute domesik, 10 rute internasional dan 2 tujuan intercontinental.

Air One juga menjangkau banyak destinasi lainnya melalui perjanjian code-share dengan mitra penerbangan lain. Sepanjang libur musim panas, Air One akan menambah tujuannya dengan memasukan penerbangan ke beberbagai lokasi pariwisata menarik, terutama di kawasan Mediternia.

Tahun lalu, Air One mengangkut lebih dari 7,5juta penumpang, seiring peningkatan pesat yang dialaminya selama beberapa tahun terakhir (pada 2002 penumpangnya 4 juta orang, dan pada 2006 melonjak jadi 6,3 juta)

Rome Fiumicino menjadi pusat dari jaringan pelayanan Air One, tetapi bandara Milan-Malpensa, Milan-Linate, Naples dan juga menjadi pengumpul (hub) strategis, yang meneruskan para penumpangnya ke keberangkatan penerbangan domestik, internasional dan tujuan intercontinental.

Pada 2007, penjualan Air One sekitar 750 euros, atau naik 22,6% dibanding tahun sebelumnya, dimana 9% merupakan kontribusi penerbangan internasional.
by.RM

vendredi 24 octobre 2008

The World’s Biggest by Terminal Area

Barajas Airport is Spain’s busiest airport, handling more than 52 million passengers in 2007 between Spain’s attractive capital city, Madrid, and hundreds of domestic, European and international destinations. It opened in 1928 and ranks as the world’s 10th and Europe’s 4th busiest airport and the biggest one by terminal area in the world. Barajas is the primary hub and maintenance base for Iberia Spanish Airlines, which responsible for more than 60% of the traffic.
By.RM